Inilah Prinsip Pemasaran Green Marketing

  • 2 min read
  • Dec 21, 2020

ilped.com, – Melakukan teknik marketing pada perusahaan tidaklah mudah seperti yang Anda pikirkan. Masih banyak teknik maupun strategi pemasaran yang bisa dilakukan perusahaan untuk menaikan omset penjualan. Salah satu teknik yang bisa dicoba yaitu dengan sebutan green marketing.

Green marketing mengajarkan untuk memiliki mindset dan mengajarkan pola hidup bagi karyawan maupun setiap orang. Green marketing adalah implementasi teknik pemasaran dengan melibatkan alam, secara singkat pengertian ini menekan pada kata green. Lalu bagaimana dengan prinsip pemasaran itu sendiri? Berikut beberapa ulasan yang bisa Anda simak.

Mengenal Apa Itu Green Marketing

Istilah ini sebagai acuan terkait dengan proses pemasaran yang melibatakan alam atau lingkungan. Menggunakan teknik pemasaran ini dilakuakan agar lingkungan juga mendapatkan keuntungan. Begitu pun juga dalam proses produksi yang tidak mencemari lingkungan sehingga bahan utamanya pun tidak bersifat racun.

Biasanya produk yang dipasarkan menggunakan teknik marketing ini bisa dilakukan daur ulang atau produk tersebut bisa dijadikan bahan daur ulang. Selain itu masih ada produk yang sengaja didesain khusus agar bisa digunakan kembali.

Kesimpulan dari teknik penjual ini dapat dilakuakn dengan prinsip green marketing untuk mejaga keseimbangan alam. Sehingga produk tersebut menggunakan bahan yang tidak beracun serta dapat dipasarkan melalui metode yang ramah lingkungan.

Alasan Perusahaan Harus Berinvestasi

Menggunakan proses green marketing akan mendapatkan keuntungan bagi produk tersebut karena bisa bertahan lama, selain itu proses produksinya pun menggunakan bahan yang ramah bagi lingkungan sehingga hal ini akan membuat produk tersebut bertahan lama jika dibandingkan dengan produk berbahan lainnya.

Dengan prinsip menjaga alam, kedepannya produk tersebut dapat dilakukan daur ulang. Hal ini akan menjadi ciri khas yang berbeda jika dibandingkan dengan produk lainnya yang masih memakai bahan produk tertentu yang hanya bisa digunakan sekali saja.

Bahkan banyak survei membuktikan bahwa orang rela membayar produk tersebut lebih mahal hanya karena menggunakan produk green marketing. Alasan lainnya pun membuat produk tersebut akan tahan lama.

Prinsip marketing ini akan mengubah pola pikir konsumen maupun perusahaan, sehingga pemilik bisnis atau pemilik perusahaan dapat memanfaatkan seumber daya dengan baik seperti air dan listrik.

Metode ini bisa menjaga keseimbangan lingkungan seperti green marketing adalah penggunaan bahan pokok yang terbarukan sebagi sumber alternatif.

Penerapan Di Perusahaan

Banyak perusahaan di Indonesia sudah menerapakan prinsip green marketing. Bahkan beberapa perusahaan di Indonesia yang menerapkan green marketing diberi penghargaan oleh Kementerian Perindustrian.

Perusahan tersebut mendapatkan penghargaan dengan menerapkan 4R anatra lain reduce, reuse, recovery, dan replant dalam setiap proses produksinya. Di sisi lain perusahaan tersebut juga meminimalisasi limbah dan menggunakan intensitas energi rendah.

Green Marketing Pada Pembangunan Berkelanjutan

Meskipun masih banyak perusahaan yang belum menerapkan green marketing hal ini juga sebanding dengan banyaknya perusahaan yang melakukan konsep green marketing. Proses ini dilakukan bagi merka yang ingin perusahaannya menjalankan pembangunan berkelanjutan.

Biasanya perusahaan akan menerapakan teknik ini apabila telah memenuhi SCR atau Social Responsbility. Jika bukan hal tersebut, mungkin sudah banyak organisasi untuk menyuarakan teknik tersebut.

Masih banyak keuntungan lain yang bisa di dapatkan dengan metode ini. Salah satu kelebihan dari green marketing adalah mempraktikan untuk pembangunan berkelanjutan sehingga akan berdampak postif.