Fitur Baru WhatsApp, Cara untuk Berbagi Foto dan Video dengan Kualitas Terbaik

  • 2 min read
  • Jul 13, 2021

Rickwiese.com – Di titik ini saya percaya mayoritas dari kita sudah paham jika WhatsApp bukan tempat yang bagus untuk saling share video atau foto. Masalahnya secara default semua video dan foto yang kita kirim lewat WhatsApp akan menjalani proses kompresi untuk meminimalkan jumlah kuota data yang kepakai. Akhirnya, photo dan videonya akan terlihat lebih jelek daripada file asli dari sumbernya.

Saya bilang secara default karena sebetulnya ada semacam trik yang dapat digunakan untuk mengirimi video dan foto dalam kualitas aslinya, yaitu dengan mengirimi video dan foto sebagai dokumen daripada sebagai konten galeri. Jika hanya untuk membagikan satu atau dua foto/video saja, cara ini mudah sekali kita lakukan.

Tetapi jika jumlah foto/video yang akan dibagi lumayan banyak, cara ini akan berasa merepotkan, karena prosesnya harus kita ulang untuk tiap foto/video. Kabar baiknya, kedepannya kita tidak lagi memerlukan cara lama ini untuk saling share video dan foto lewat WhatsApp dalam kualitas yang lebih bagus.

Berdasarkan penemuan situs WABetaInfo, WhatsApp sedang mempersiapkan fitur supaya pengguna bisa pilih kualitas foto/video yang akan dikirim. Fitur ini bisa ditemukan di menu pengaturan, dan pengguna bisa pilih satu dari tiga pilihan yang ada: “Auto”, “Best quality”, “Data saver”.

Tidak dijelaskan apa “Best quality” memiliki arti foto/video akan dikirimkan dalam kualitas aslinya tanpa menjalani kompresi sedikitpun, atau mungkin dengan tingkat kompresi yang minimal seperti yang dilakukan oleh Google Photos (untuk tetap menjaga agar ukuran file-nya tidak terlalu besar). Terkait pilihan “Auto”, disebutkan jika WhatsApp akan memilih sendiri algoritma kompresi yang terbaik untuk setiap video atau foto.

Sayangnya tidak ada yang mengetahui pasti kapan fitur ini akan dirilis secara resmi. Untuk saat ini, fiturnya baru ada di versi beta terbaru WhatsApp untuk Android. Selama ini tidak ada informasi mengenai ketersediaan fiturnya untuk WhatsApp versi iOS. Mudah-mudahan saja bisa langsung ada di kedua platform saat telah diluncurkan secara resmi nanti.