Cari Tahu, Apa itu quarter life disaster?

  • 1 min read
  • Mar 13, 2021

Rickwiese.com – Saya cukup sering menjumpai quarter life disaster yang tidak terkendali berakhir merugikan diri sendiri dan juga orang-orang di sekitar mereka yang sedang mengalami fase tersebut.

Di antaranya:

  1. Stres berlebihan baik itu karena tekanan sosial maupun tekanan dari diri sendiri karena goal yang belum tercapai di usia yang sudah beranjak dewasa,
  2. Bingung dengan tujuan hidup malah bikin mereka ikut-ikutan melakukan suatu pattern yang sebetulnya tidak cocok untuk mereka. Misalnya, ikut-ikutan jadi start-up founder di saat sebetulnya mereka belum siap untuk jadi entrepreneur,
  3. Nyinyir dengan teman-teman seumuran yang sudah tampak mapan dan nyaman dengan pilihan hidupnya. Bisa juga terjadi mereka yang masih bergulat dengan quarter life disaster sampai menjauhi sahabat lama hanya karena merasa minder dengan prestasi sahabatnya itu.

Cara terbaik untuk keluar dari quarter life disaster adalah dengan menemukan jati diri. Cari tahu siapa diri kita yang sebenarnya, tentukan tujuan dan prioritas hidup kita, dan kenali batas toleransi dari diri kita ini.